Cara Menyimpan Gambar/Foto dari Instagram di Smartphone Android


Mau model ponsel kamu kayak gimana juga, tutorial ini bisa kamu terapkan dengan lancar dan tanpa beban. Yang penting hp kamu sudah menggunakan sistem operasi Android, berapapun versi OS Android yang kamu pakai dan apapun merk yang hp yang kamu miliki.

Mungkin untuk OS yang lain selain Android seperti Windows Phone atau iOS juga hampir sama, akan tetapi disini aku menekankan dan menggunakan handphone berbasis Android.

Manfaat dan Tujuan Save Foto di Instagram

Media sosial yang satu ini memang dijadikan sebagai sumber untuk menemukan foto, gambar atau video. Meskipun sumber lain dalam mendapatkan file tersebut masih bisa kita temui di jejaring sosial yang lain. Terutama sosial media Pinterest yang notabene hampir samakarakteristiknya.

Manfaat maupun tujuan kita mengambil foto dan gambar dari Instagram sebenarnya banyak sekali, namun kembali lagi ke diri kita masing-masing untuk urusan tersebut. Adapun manfaat dan tujuan yang umum sering dilakukan oleh banyak orang adalah:

  • Untuk dijadikan DP di Blackberry Messenger
  • Dipublish / posting ulang di sosial media yang lain, seperti Facebook, Twitter, Patch atau Pinterest.
  • Dijadikan background pada Hp, Laptop maupun komputer PC
  • Dan masih banyak lagi

Cerita di Balik Artikel

Sebelum ke inti postingan, aku mau flashback/kilas balik mengapa aku tertarik mengulas tentang tutorial cara menyimpan gambar/foto dari Instagram (yang selanjutnya, aku singkat IG). Cara-cara save foto di Instagram ini juga baru aku ketahui belum lama, penyebabnya karena aku mau menyimpan sebuah foto di Instagram yang menarik perhatianku, dan mengganggu konsentrasiku dalam mengoptimalkan akun Instagram untuk jualan tas kulit ular asli.

Disaat aku sedang membuka-buka akun Instagram yang dikhusukan untuk jual tas kulit ular asli, aku disarankan oleh IG untuk memfollow akun yang mengkhusukan pada quote-quote tentang cinta, motivasi dan yang sejenisnya, akun tersebut adalah DAGELAN. Tentunya sebelum memfollow IG DAGELAN, aku membuka dan memeriksa terlebih dahulu. Apakah akun tersebut menarik bagiku atau tidak.

Dan ternyata, setelah beberapa menit waktu yang kubutuhkan untuk memeriksa, dengan sangat terpaksa aku mengatakan bahwa DAGELAN memaksaku untuk memfollow. Akan tetapi pemaksaan tersebut membuahkan sebuah pelajaran yang saat ini akan segera aku bagikan ke kamu.

Awalnya aku juga kebingungan untuk ngesave gambar/foto di Instagram yang merayuku untuk aku jadikan dp di bbm begitu pertama kali melihat gambar tersebut. Karena saking kepinginnya foto itu aku jadikan dp, akhirnya aku pun berselancar di internet guna mencari jalan keluarnya.

Setidaknya, aku menemukan 3 cara simpan foto di Instagram dari hasil aku berselancar di internet. Ada yang menyarankan untuk menggunakan aplikasi, ada juga yang menganjurkan untuk memakai situs pihak ketiga yang populer dengan sebutan Instagram viewer, dan ada juga yang membagikan triknya tanpa menggunakan aplikasi android.

Kesemua cara yang aku temukan akan aku coba ulas dengan detail dan aku beberkan satu persatu, ditambah satu trik mengambil foto dari Instagram dari hasil pengembangan yang menurut aku lebih mudah dan lebih sederhana.

Daftar cara menyimpan Gambar/Foto dari Instagram

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi android yang populer dan paling banyak digunakan antara lain adalah InstaSave dan Video Downloader for Instagram. Jika kamu lebih menyukai cara yang pertama yaitu menggunakan bantuan aplikasi android, kamu dapat menginstalnya lalu mengikuti tutorial yang sudah banyak bertebaran di Internet.

Cara kedua adalah dengan mengcapture atau mengscreen shot layar handphone yang sedang membuka aplikasi Instagram. Kegiatan dan tombol untuk capture maupun screen shot layar ponsel berbeda-beda disetiap merk maupun model ponsel itu sendiri. Akan tetapi menurut saya, cara ini akan menghasilkan foto yang kurang menarik, dan kamu juga membutuhkan satu proses lagi untuk menjadikannya sedikit sempurna yaitu dengan meng-crop bagian selain dari foto itu sendiri.

Ada juga cara menyimpan foto instagram yang aku temukan dengan metode bantuan dari pihak ketiga atau sering disebut dengan Instagram Online Viewer. Cara yang ketiga ini juga kurang efektif kalau dari kaca mata saya pribadi, karena kamu harus membuka Instagram Online Viewer yang membutuhkan data internet yang cukup besar. Kenapa demikian? Biasanya, Instagram Online Viewer sebagian besar dipenuhi dengan file foto maupun gambar yang membutuhkan data internet yang cukup besar untuk mengaksesnya.

Dan cara yang ke empat adalah dengan metode menggunakan browser, entah itu browser bawaan dari hp android, maupun browser kesukaan anda seperti UC Browser dan Opera Mini. Dan langkah yang dapat anda lakukan di cara yang ke empat ini yaitu;

1. Buka aplikasi Instragam dan cari foto atau gambar yang anda suka atau yang menurut anda menarik. Atau anda dapat membuka salah satu akun kemudian mencari postingan yang akan anda simpan.

Sebagai contoh, saya membuka akun @jual_tas_kulit_ular. Kemudian saya memilih salah satu foto tas yang akan saya simpan seperti dibawah ini.


2. Kemudian tekan tombol titik-titik sejajar keatas yang berada sebelah bawah bagian kanan. Dan tunggu sampai muncul perintah seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

Cara Menyimpan Gambar dari Instagram di Smartphone Android

3. Lalu sentuh tulisan "Salin URL Berbagi" dan tunggu hingga loading maupun proses mengcopi URL selesai. Jika proses menyalin selesai anda akan mendapatkan pemberitahuan dibagian bawah hp android seperti berikut.


4. Setelah langkah diatas dilalui, kemudian anda buka brower yang anda sukai. Kalau dalam tutorial ini, saya menggunakan UC Browser.

Cara Menyimpan Foto dari Instagram dengan uc browser

5. Langkah selanjutnya adalah, arahkan jari anda ke kolom kanan atas yang bertuliskan "Enter URL". Tekan dan tahan hingga keluar pemberitahuan seperti foto dibawah ini.

Cara Menyimpan Foto dari Instagram

6. Pilih "Paste and Go" dan tunggu hingga proses membuka gambar selesai.
7. Setelah gambar dari Instagram muncul di UC Brower, langkah selanjutnya adalah, sentuh dan tahan hingga muncul pemberitahuan layaknya gambar dibawah ini.

Cara Menyimpan Gambar dari Instagram

8. Tekan "View Image" dan simpan pada memori hp maupun memori eksternal anda.

Sampai proses ini, anda telah berhasil menyimpan gambar atau foto Instagram di hp Android. Untuk menyimpan foto atau gambar lainnya, anda tinggal mengulangi langkah dari awal yang telah dipaparkan di atas.

0 Response to "Cara Menyimpan Gambar/Foto dari Instagram di Smartphone Android"

Posting Komentar

Facebook Fanpage